Lontar Jurnal, Jurnal Teknik Mesin, Rekayasa, engineering, mechanical, Teknologi, energi, undana, fst, fakultas sains dan teknik, universitas nusa cendana, Kupang

Format Cetak LONTAR Jurnal Teknik Mesin

  1. Judul Ditulis dengan Huruf Besar dan Kecil, 12 point Bold Centered
  2. Nama para penulis, lengkap, tanpa gelar, tanpa posisi, Nama afiliasi penulis (10 point centered)
  3. Alamat Surat, Alamat Afiliasi. Kota, Kode Pos, Telp.: (kode kota) nomor telepon, Fax: (kode kota) nomor fax, E-mail: e-mail@alamat (10 point centered)
  4. Makalah dapat dituliskan dalam B. Indonesia maupun dalam B. Inggris. Banyak halaman tidak melebihi 12 lembar dengan format A4- single-sided papers. Halaman judul harus menyertakan judul yang spesifik, pengarang dan abstrak sekitar 200 kata pada awal makalah. Afiliasi, alamat, telpon dan nomor fax ataupun alamat e-mail harus diberikan di bawah nama pengarang. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Untuk makalah dalam B. Indonesia, abstrak harus dituliskan dalam B. Indonesia dan B. Inggris. Daftarkan hingga 5 kata kunci.
  5. Dokumen ini ditulis sebagai pedoman format final artikel LONTAR Jurnal Teknik Mesin (LJTM) dengan ukuran Normal menjadi 10 point, dua kolom spasi tunggal. File dokumen ini (yang sudah dilengkapi dengan Format Style-nya) dapat didownload di website LJTM.
  6. Revisi artikel hanya akan diterima dalam bentuk file MS-Word™ (softcopy), dengan mengikuti Format Cetak, selambatnya 10 (sepuluh) hari kerja setelah surat pemberitahuan revisi.
  7. Sebagai syarat pemuatan artikel, penulis wajib melampirkan pelunasan biaya berlangganan minimum selama satu tahun. Penulis akan menerima cetak lepas artikel sebanyak 5 (lima) hardcopy atau sebuah file softcopy, disamping sejumlah jurnal yang telah terbayar.
  8. Penyuntingan cetak-coba (camera ready / preprint) dilakukan dengan / tanpa melibatkan penulis. Pemuatannya masih dapat dibatalkan jika diketahui bermasalah. Penyunting tidak berkewajiban mengembalikan artikel yang tidak dimuat. Kepastian pemuatan / penolakan / revisi dilakukan secara tertulis.
  9. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan, penggunaan software komputer, orisinalitas artikel atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI, yang dilakukan oleh penulis artikel berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel tersebut.
  10. Artikel ditulis pada kertas A4, dua kolom, huruf Times New Roman ukuran 10, spasi tunggal, tidak melebihi 12 halaman. Susur (margin) atas/bawah/kiri/kanan berurutan: 4,5 / 4,0 / 3,4 / 3,4 cm. Antar paragraf diberi indent first line 0,8 cm tanpa spasi ganda.
  11. Heading tanpa penomoran dengan maksimal tiga peringkat sub-heading:
  12. Badan utama artikel hasil penelitian berisi: (1) pendahuluan (memuat latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian); (2) Metode; (3) Hasil dan Pembahasan; dan (4) Kesimpulan. Sedangkan artikel kajian analitis ktritis meliputi: (1) pendahuluan (memuat latar belakang, dan tujuan atau ruang lingkup); (2) Bahasan Utama (terbagi dalam beberapa subbagian); (3) Penutup atau Kesimpulan.
  13. Tabel dan gambar harus diberi caption (judul/keterangan) dengan penomoran yang berutuan. Caption tabel diletakkan di atas, sedangkan gambar di bawah. Tabel dan gambar dibuat agar ukuran tidak terlalu kecil. Persamaan ditulis di tengah (center) dengan disertai penomoran berurutan yang diletakkan di kanannya. Jika persamaan terlalu panjang gunakan spliting.
  14. Usahakan penggunaan gambar dua warna (hitam-putih), dan hilangkan garis tepi gambar.
  15. Tiap footnotes diletakkan di bawah kolom pada halaman dimana footnote itu menjelaskan, ditandai dengan1) (angka dan kurung).
  16. Rujukan pustaka ditunjukkan dengan penulisan nomor rujukan seperti ini [1]. Daftar pustaka, terbatas pada sumber yang dirujuk, disusun urut kemunculan rujukan. Utamakan pustaka termuktahir (terbit 10 tahun terakhir), dan yang berasal dari sumber primer (laporan penelitian, artikel dalam jurnal / majalah ilmiah).